Langsung ke konten utama

Kerajinan Kuningan Asal Juwana Tembus Eropa dan Amerika, WA 081227192500


Industri kuningan di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah merambah pasar ekspor ke Eropa, Amerika dan belahan dunia lain.

Industri kuningan di Juwana memproduksi lampu, souvenir hingga perabot rumah tangga. Mayoritas produk ialah hiasan lampu berbahan kuningan.

Salah satu kegiatan usaha yang membuat kerajinan itu yakni Krisna, di Jalan Diponegoro, Juwana, Pati. Direktur Krisna, Ricky Agus Susanto menjelaskan, usaha kerajinan miliknya berdiri sejak 1963. Hingga kini usahanya telah mempekerjakan sekitar 130 orang warga sekitar. Omzet kegiatan usaha Krisna minimal Rp 5 miliar perbulan.


Sejak dulu, usahanya fokus untuk membuat kerajinan dari bahan kuningan. Pernak-pernik perabot rumah tangga dibuat di dapur usaha itu. Pasokan bahan yang melimpah inilah yang membuat usaha itu masih eksis hingga kini.

"Dulu Kuningan untuk alat rumah tangga, tapi sekarang berkembang barang hias, dekoratif," ujar Ricky, saat ditemui di tempat usahanya, Minggu (25/3).

Bahan baku kuningan, jelasnya, diperoleh memanfaatkan jasa pengepul barang bekas warga sekitar.

Bahan kemudian didaur ulang hingga dibentuk ulang menjadi produk hiasan yang diinginkan. Produk hiasan lampu misalnya. Dari tangan para pekerja di usaha itu, menjadi produk yang berkualitas.

Hasil kerajinan mereka di dalam negeri banyak dipesan untuk kafe, restoran di Surabaya dan Jakarta. Sejumlah hotel dan apartemen juga memesan produk lampu kuningan dari wilayah ini.

Hiasan lampu juga pernah dipesan oleh keluarga Presiden ke-2 RI, Soeharto. Lampu kuningan buatan pabrik tersebut, kata dia, dipasang di Bina Graha.

"Produk lampu itu di sini sekitar 60 persen, sisanya suvenir, pegangan pintu, dan seterusnya," ucapnya.

Untuk tetap menarik minat pembeli, pihaknya terus berinovasi. Berbagai perubahan desain terus dilakukan, hingga mengamati perkembangan fashion di bidang itu.

"Tren lampu modern tapi minimalis. Jika dulu plastik, tapi sekarang yang simpel. Desain minimalis," lanjut dia.

Untuk pasar ekspor, pihaknya kini berhasil menembus pasar Eropa, Amerika hingga Jepang. Di negeri sakura, produk kuningan banyak dipesan untuk pembuatan tempat beribadah.

"Terbesar di Maroko. Kami buat lampu buat hotel. Lampu ukurannya 16 meter, lebar 3 meter," ucapnya. (Kompas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Informasi Penting Cara Membuat Website

Website sudah menjadi hal yang mesti dimiliki oleh   di era digital seperti sekarang ini. Website berguna untuk mengenalkan   kepada masyarakat yang menggunakan internet untuk akses informasi. Di dalam website tersebut bisa dimasukkan profil   serta informasi dari kegiatan dan aktivitas . Oleh karena itu,  cara membuat website  keberadaan sangat dibutuhkan   agar bisnis yang dijalankan bisa lancar. Website secara sederhana adalah sebuah layanan halaman informasi digital yang bisa dinikmati lewat internet. Website sendiri terdiri dari berbagai macam konten, mulai dari teks, gambar, audio dan juga video. Untuk membuat website kini juga tak terlalu sulit, karena banyak web developer yang bisa membantu kita dalam membangun sebuah website. Website   utamanya memang harus berisi profil . Namun, banyak   yang juga memanfaatkan website untuk memasarkan produk mereka. Cara ini sangat efektif untuk menarik calon konsumen atau klien di era digital ini. Maka dari itu, desain dari website-websi

Kaligrafi Kuningan Tembaga, WA 081227192500

Manfaat Tembaga  Mengapa tembaga? alasan menggunakan tembaga sangatlah banyak. Desain kerajinan handicraft tembaga, kuningan dan alumunium adalah unik. Logam / metal yang cantik ini telah digunakan berabad – abad pada dekorasi rumah sebagai aksesoris dan barang kebutuhan dapur serta digunakan dalam konstruksi rumah sebagai atap atau langit – langit serta pancuran atap. Dengan demikian ini dapat dibuktikan bahwa salah satu manfaat tembaga yang utama adalah daya tahan penggunaan metal tembaga ini. Walau demikian tembaga jarang dimanfaatkan untuk konstruksi jari – jari, penyangga yang dimungkinkan karena harga bahan ini sangatlah mahal dan terlalu istimewa. Pasaran telah dipenuhi dengan furniture dari kayu, plastik, baja, besi dan chrome dan sebagainya. Manfaat tembaga yang lain dan alasan mengapa memakai tembaga untuk kebutuhan interior dan eksterior (luar ruangan) adalah karena tembaga memiliki daya tahan yang kuat serta anti karat (korosi). Sedangkan jika menggu